Penasaran dengan Menu Kuliner dari Aceh? Yuk Cek Disini!

menu kuliner aceh

Menu kuliner khas aceh – Apa yang kamu pikirkan jika mendengar kata Aceh? Ada banyak keunikan yang di miliki Aceh seperti nama orang asli daerah tersebut yakni Teuku. Juga mengingatkan kita terhadap bencana alam Tsunami di beberapa tahun silam. Aceh merupakan salah satu daerah di Indonesia yang begitu spesial. Selain karena keindahan alam di sana dan juga budaya yang masih begitu terjaga, Aceh menawarkan kuliner lezat dengan ciri khasnya sendi ri. Bumbu-bumbu yang di gunakan pada masakan Aceh memang asli dari rempah Indonesia yang terkenal. Bahkan beberapa di antaranya juga sudah di sukai oleh siapa saja yang datang berkunjung.

Karena ketika berlibur atau mengunjungi satu tempat baru, kuliner adalah salah satu hal wajib yang harus di coba. Beragam menu makanan khas Aceh bisa kamu temukan dengan cita rasa yang berbeda dari lainnya. Penasaran? Yuk cek ulasannya berikut ini!

Aneka Menu Kuliner Aceh

1. Kuah Pliek U

Nama yang unik untuk kuliner yang menggiurkan. Kuah Pliek U ini adalah makanan khas Aceh yang berasal dari Aceh Barat. Menjadi makanan yang cukup terkenal bahkan ada yang mengatakan bahwa tak lengkap rasanya untuk berkunjung ke Aceh tetapi tak mencicipi masakan ini. Kuah Pliek U ini di ibaratkan sebagai sebuah lambang kekerabatan dan juga keberagaman masyarakat yang ada di Aceh.

Dari keragaman tersebut akhirnya di satukan dalam sebuah kuali dan akan menghasilkan cita rasa lezat yang unik. Ada satu hidangan kuah pliek U yang bisa di temukan di beragam jenis sayuran yang ada di Aceh. Kuah Pliek U sendi ri merupakan makanan khas yang menyehatkan.

2. Timpihan Aceh

Makanan yang berasal dari Aceh berikutnya adalah Timpihan Aceh. Makanan ini berbentuk kue di mana Timpihan sendi ri adalah kue yang terkenal sejak dahulu dengan rasa manis yang pas untuk di jadi kan oleh-oleh. Timpihan Aceh bisa kamu jadi kan cemilan sambil nonton TV, lho! Rasa dari kue ini sendi ri adalah legit dan di buat menggunakan bahan utama yang berupa olahan tepung ketan dan di isi dengan nangka, buah pisang raja, selai hingga labu.

Isian ini nantinya di balut menggunakan kulit daun pisang. Ada satu hal yang membuat Timpihan Aceh menarik yakni kue ini mampu bertahan hingga 3 hari dengan aroma yang wangi. Timpihan Aceh terbuat dari bahan alami dan bercita rasa legit yang unik.

3. Keumamah Ikan Aceh

Kuliner yang satu ini juga masih terdengar asing. Keumamah merupakan kuliner yang terbuat dari olahan bahan ikan tuna yang di rebus terlebih dahulu setelah itu di keringkan. Barulah setelahnya di jadi kan sebagai menu masakan lezat. Keumamah sendi ri bisa di bawa pulang ketika sudah di keringkan dan bertahan dalam jangka waktu berminggu-minggu.

Meski dalam waktu yang lama, kuliner ini tetap lezat saat di olah. Agar mendapatkan cit rasa yang khas, keumamah ini di masak dengan hidangan pelengkap yang di tambahkan dengan beberapa bumbu dan rempah pilihan. Misalnya saja seperti santan kelapa, kentang dan cabai hijau. Langkah ini juga di buat agar bisa menambah kelezatan enkot semakin sempurna.

4. Pisang Sale

Menu yang di jadi kan oleh-oleh atau camilan dari Aceh adalah Pisang Sale. Kuliner ini menjadi yang terbaik dan cukup banyak di nikmati oleh masyarakat dan para wisatawan yang datang ke Aceh. Sementara rasa dari kuliner ini adalah gurih dan legit sehingga memang pas di jadi kan sebagai cemilan. Bahkan ada beberapa yang juga menjadi kannya sebagai oleh-oleh wajib dari Aceh.

Pisang Sale ini memiliki tekstur yang agak kenyal tetapi ada rasa manis yang berasal dari gula yang di taburi di atasnya. Berwarna kecoklatan, pisang sale juga bisa di buat dengan tekstur yang kering. Masing-masing bentuk ini tergantung dari si pembuat.

5. Sambal Ganja (Menu Kuliner Aceh Kontroversial)

Sebaiknya tak berpikiran buruk dulu. Meski namanya adalah sambal ganja tetapi sambal ini tentu tidak menggunakan bahan ganja. Di kenal dengan nama lain sebagai asam udeung, sambal ganja ini di percaya membuat si penikmat makin ketagihan. Sambal ganja menggunakan bahan utama udang. Tetapi ada juga yang menggunakan bahan lainnya dan di hidangkan dalam satu cobek.

Rasa pedas dari sambal ganja ini akan bercampur dengan gurihnya udang dan di tambah rasa asam segar dari belimbing wuluh muda. Ada aroma yang wangi dari daun jeruk serta serai. Perpaduan yang nikmat untuk sajian sambal dengan nasi hangat.

6. Bubur Memek (Menu Kuliner Aceh Yang Bikin Salfok!)

Menjadi salah satu kuliner yang sempat viral karena namanya tetapi di tetapkan sebagai warisan budaya tak benda Indonesia tahun 2019. Nama memek sendi ri di ambil dari kata mamemek yang artinya adalah mengunyah atau menggigit. Bubur ini terbuat dari campuran pisang, beras ketan, santan dan juga gula. Sementara untuk beras ketannya sendi ri di sangrai. Pisang di tumbuk lebih kasa dan teksturnya masih benar terasa. Pisang ini di campur dan di masak menggunakan beras ketan tadi bersama gula dan santan.

Bubur ini menjadi jamuan wajib ketika ada tamu pemerintahan atau orang penting yang datang ke Aceh tepatnya ke Simeulue. Masyarakat lokal juga selalu menyedi akan bubur ini saat bulan Ramadhan di jadi kan sebagai takjil. Sajian khas yang lezat dan hanya di miliki Aceh.

7. Sate Matang

Kuliner khas dari Aceh berikutnya adalah Sate Matang. Sate yang khas ini bisa kamu temukan khususnya di daerah Matang, Kabupaten Bireuen. Matang di sini mewakili daerahnya bukan matang sebagai lawan kata dari mentah. Ada satu hal yang membuatnya menjadi istimewa karena proses memasak sate ini di ungkep bumbu khas Aceh.

Pada umumnya mereka akan menggunakan daging kambing atau sapi kemudi an setelah di ungkep akan di bakar. Sate matang biasanya akan di sajikan dengan kuah soto yang gurih. Sangat nikmat jika kamu mengonsumsinya di malam hari yang di ngin.

8. Ayam Tangkap

Setelah mengetahui ada sate matang, kali ini datang dari kuliner bernama Ayam Tangkap. Kuliner ini terbuat dari ayam muda yang di goreng kering dengan cabai hijau dan juga daun teumura. Ayam tangkap biasanya di masak dengan ukuran yang kecil-kecil. Ketika di sajikan, ayam goreng akan tertutup dengan tumpukan cabai hijau dan juga daun teumura yang sudah di goreng dengan tekstur kering.

9. Dendeng Rusa

Jika biasanya kamu menemukan dendeng yang terbuat dari daging sapi, maka berbeda dengan Aceh. Mereka memiliki kuliner khas yang berbahan utama daging rusa. Tetapi untuk pengolahannya tidak akan jauh berbeda dengan dendeng pada umumnya. Dendeng rusa sendi ri memiliki cita rasa yang gurih dan biasanya di jadi kan oleh-oleh khas Aceh.

Dendeng rusa memiliki tekstur yang kering dan terasa begitu gurih. Ada bumbu yang benar-benar terasa khas. Apalagi rempah-rempah yang begitu di jaga pada menu. Sehingga tak mengherankan jika banyak orang jatuh cinta dengan masakan yang satu ini.

Sebagai bagian dari Indonesia, Aceh memiliki daya tarik yang besar. Daerah yang memiliki keragaman budaya serta keunikan tersendi ri. Dari segi kuliner, kamu bisa menemukan berbagai macam menu lezat ketika berlibur kesana. Yuk rencanakan kunjunganmu ke Aceh dan temukan keindahan Indonesia di balik Aceh!

Mau pesan rupa-rupa masakan yang rasanya “Indonesia Banget”? Piranti Catering tempatnya. Piranti catering menyedi akan berbagai macam layanan untuk berbagai acara kesempata. Ada banyak menu prasmanan dan nasi box / nasi kotak, tumpeng komplit, menu catering harian dan banyak lagi yang lainnya. lihat halaman pesan nasi kotak ini untuk pemesanan nasi tumpeng sekarang juga!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Customer Service Piranti Catering

Chat dengan customer service Kami
Scroll to Top
Telepon Kami