Dari Sabang sampai Merauke, yuk Kenali Ragam Kuliner Indonesia!

aneka Kuliner Indonesia

Aneka Kuliner Indonesia – Kekayaan kuliner yang Indonesia miliki sudah seharusnya menjadi daya tarik tersendi ri. Ada banyak ragam kuliner yang tersaji di tiap daerah dengan cita rasa yang berbeda-beda. Bahkan bukan rahasia lagi kalau para wisatawan asing yang datang berkunjung seringkali memuji masakan Indonesia sangatlah lezat. Tak lain karena pengolahan yang unik, bumbu yang menggunakan rempah asli hingga adanya dominasi rasa pedas, manis, asin dan gurih.

Sebut saja seperti rendang, sate, gado-gado dan rujak cingur yang menjadi makanan tradi sional di tiap daerah. Kuliner Indonesia tergolong sebagai warisan dari leluhur karena mereka, para pengusaha di bidang kuliner sering menggunakan resep turun temurun yang di jaga kemurniannya. Tak menggunakan bumbu lain selain dari rempah. Juga tidak menggunakan pemanis buatan sehingga tidak berisiko merusak kesehatan tubuh kita.

Aneka Kuliner Indonesia di Tiap Daerah

1. Mie Aceh dari Aceh

Mie ini merupakan mie pedas yang khas dengan warna kuning dan ukuran lebih tebal ini di campur dengan irisan daging sapi. Ada juga yang menggunakan daging kambing atau makanan laut seperti udang dan cumi. Mie di sajikan dalam sup sejenis kari yang gurih dan begitu pedas. Jenis mie ini sendi ri tersedi a dalam dua jenis yakni Mie Aceh goreng dan juga Mie Aceh sup. Masing-masing jenis ini di taburi dengan bawang goreng dan potongan bawang merah, emping serta perasan jeruk nipis.

2. Bika Ambon dari Medan

Kali ini termasuk jajanan khas yang datang dari Medan, Sumatera Utara. Bika Ambon merupakan makanan khas Sumatera Utara yang di kenal sebagai jajanan lezat dan enak. Ada rasa manis yang tak ada tandi ngannya lagi. Bika Ambon ini memang memiliki berbagai macam rasa. Biasanya akan di kombinasikan dengan rasa keju, durian, coklat dan lain sebagainya. Bika Ambon di ketahui cocok di jadi kan sebagai oleh-oleh khas dari daerah tersebut.

3. Aneka Kuliner Indonesia Asal Minangkabau : Rendang

Rendang sudah menjadi masakan Indonesia yang mendunia. Rasanya yang begitu khas mampu menarik hati siapa saja yang melahapnya termasuk para wisatawan asing yang datang ke Indonesia. Rendang memiliki cita rasa pedas yang menggunakan campuran dari berbagai bumbu dan rempah. Masakan ini juga di hasilkan dari proses memasak yang di panaskan berulang-ulang menggunakan santan kelapa. Rendang juga di gemari oleh seluruh kalangan dan bisa di temukan di setiap rumah makan Padang yang ada di Indonesia ataupun luar negeri.

4. Pendap dari Bengkulu

Jika kamu baru mendengar nama Pendap sekarang ini, kamu bisa membayangkan kuliner dari ikan kembung yang lezat. Pendap merupakan makanan khas Bengkulu yang mana makanan ini terbuat dari ikan kembung segar dengan berbagai bumbu tradi sional pilihan. Ada juga proses penyiraman tumisan di atas ikan kembung. Pendap dari Bengkulu di ketahui menjadi makanan yang paling di cari ketika ada turis asing yang datang berkunjung.

5. Kerak Telor dari Jakarta

Bukan makanan berat seperti nasi. Tetapi jajanan yang satu ini memang menjadi ciri khas Betawi. Kerak telor merupakan makanan asli daerah Jakarta atau Betawi yang memiliki bahan-bahan beras ketan putih, ebi atau udang kering yang di asinkan dan juga telur ayam. Ebi akan di sangrai kering dan di tambahkan bawang merah goreng serta di beri bumbu yang di haluskan berupa kelapa sangrai. Ada bumbu kencur, jahe, merica butiran hingga gula pasir. Makanan ini bisa dengan mudah kamu temui di Jakarta.

6. Soto Daging dari Surabaya

Selain rendang, soto daging ternyata menjadi masakan khas Indonesia yang mendunia, lho! Soto daging merupakan makanan khas Jatim yang terbuat dari daging sapi seperti soto pada umumnya. Tetapi kuhanya hitam atau coklat tua karena menggunakan kluak. Daging sapi di dalam kuahnya pun juga di campur menggunakan jeroan agar terlihat lebih banyak. Kuliner ini sangat pas jika di nikmati pada malam hari yang terasa di ngin.

7. Ayam Betutu dari Bali

Ayam Betutu merupakan lauk yang terbuat daari ayam yang utuh dan isinya adalah bumbu. Kemudi an ayam ini akan di panggang dalam api sekam dalam waktu yang di tentukan. Ayam Betutu sangat terkenal di Bali terutama di Desa Melinggih. Ayam ini merupakan makanan khas Gilimanuk yang mana di jadi kan sajian pada upacara keagamaan ataupun upacara adat. Konsumen tidak hanya masyarakat Bali tetapi juga datang dari mancanegara. Khususnya di tempat-tempat tertentu seperti hotel atau rumah makan.

8. Bubur Pedas Sambas dari Kalimantan Barat

Kita beralih ke Kalimantan Barat yang memiliki kuliner khas bernama bubur pedas sambas. Makanan khas ini tidak seperti namanya yang pedas. Justru, kuliner tersebut memiliki bahan utama sayur mayur dan ketika di olah tidak menggunakan campuran bahan cabai sedi kitpun. Untuk mereka yang tidak suka makan pedas maka tak perlu khawatir untuk mengonsumsinya. Ada rasa gurih dan cocok di konsumsi selagi hangat.

9. Sate Gogos Pokea dari Sulawesi Tenggara

Ada nama sate gogos pokea yang merupakan makanan khas dari Sulawesi Tenggara. Makanan ini terbuat dan berbahan dasar kerang. Sementara nama Pokea sendi ri adalah nama lokal untuk kerang. Sate ini di sajikan menggunakan bumbu yang hanya di rebus menggunakan campuran kerang kemudi an di tusuk dengan bambu. Biasanya juga di buat menggunakan bumbu bacem manis. Tetapi untuk sate pokea sendi ri menggunakan bumbu yang agak pedas.

10. Binte Biluhuta dari Gorontalo

Binte Biluhuta merupakan makanan khas Gorontalo yang juga di sebut dengan milu siram. Makanan ini terbuat dari milu atau jagung. Makanan ini juga merupakan campuran bahan antara jagung, udang, kelapa setengah tua, belimbing sayur, daun bawang, bawang emrah, daun kemangi hingga jeruk nipis. Karena tradi si makanan khas inilah akhirnya Gubernur pertama Gorontalo mengembangkan budi daya jagung di daerah tersebut.

11. Gatang Kenari Aneka Kuliner Indonesia Asal Maluku

Gatang Kenari yang berasal dari Maluku ini menjadi makanan khas yang terkenal. Biasanya di sebut juga dengan ketam kenari dan kepiting kenari. Makanan ini terasa lebih gurih dan berbahan utama kepiting kenari. Apa itu kepiting kenari? Kepiting ini merupakan hewan darat yang bisa mengupas buah kelapa. Oleh karena itu rasanya lebih gurih dan manis jika di bandi ngkan dengan kepiting biasa.

12. Bubur Sagu (Aneka Kuliner Indonesia Asal Papua Timur)

Papeda atau yang juga di sebut dengan bubur sagu merupakan makanan pokok dari masyarakat Maluku dan Papua. Makanan ini hampir ada di setiap daaerah di sana. Papeda sendi ri di buat dari tepung sagu dan pembuatnya adalah para penduduk yang ada di pedalaman Papua. Tepung sagu di buat dengan cara menokok batang sagu dengan pohon yang sudah berumur antara tiga hingga lima tahun. Papeda sendi ri biasanya di nikmati dengan kuah kuning yang terbuat dari ikan tongkol atau ikan mubara. Ada bubu kunyit dan jeruk nipis di dalamnya.

Keragaman kuliner di tiap daerah di Indonesia ini menunjukkan betapa kayanya resep dari nenek moyang. Sebab, seringkali mereka menggunakan resep turun temurun yang masih begitu terjaga. Baik komposisi bumbunya ataupun cara pengolahan yang masih tradi sional. Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia memiliki kekayaan kuliner luar biasa.

Mau pesan rupa-rupa masakan yang rasanya “Indonesia Banget”? Piranti Catering tempatnya. Piranti catering menyedi akan berbagai macam layanan untuk berbagai acara kesempata. Ada banyak menu prasmanan dan nasi box / nasi kotak, tumpeng komplit, menu catering harian dan banyak lagi yang lainnya. lihat halaman pesan nasi kotak ini untuk pemesanan nasi tumpeng sekarang juga!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Customer Service Piranti Catering

Chat dengan customer service Kami
Scroll to Top
Telepon Kami