Beragam Bumbu Masakan Bikin Spesial Acara Makanmu

bumbu masakan

Bumbu Masakan  beraneka ragam – Ada banyak hal yang mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Salah satu yang memiliki pengaruh besar adalah makanan atau asupan sehari-hari. Kebiasaan sarapan memberi manfaat yang bagus, banyak minum air putih juga bagus untuk proses di et, makan banyak sayuran pun demikian. Tetapi ada juga satu hal yang tak boleh di lewatkan adalah bagaimana cita rasa makanan tersebut. karena bagaimanapun juga, seseorang akan memilih makanan yang lezat yang ia sukai agar makin bisa menikmati makanannya. Terutama untuk para perempuan yang sering berkutat di dapur, yuk cek bumbu apa saja yang sebaiknya kamu gunakan untuk membuat menu lezat.

Mengingat Indonesia memiliki kekayaan rempah yang luar biasa tentu sangat menguntungkan kita untuk membuat menu lezat dengan bahan alami. Tetapi manakah yang sebaiknya kita gunakan? Berikut ini daftar bumbu yang bisa kamu olah menjadi masakan di waktu sarapan, makan siang ataupun makan malam.

Bumbu Dapur Terbaik Bikin Lezat Masakan

1. Bawang Merah dan Bawang Putih

Bumbu dapur yang pertama dan pasti mudah kita temukan adalah bawang merah dan bawang putih. Dua rempah ini memang paling populer dan hampir di gunakan sebagai bumbu dasar untuk berbagai masakan. Terutama dengan menggunakan bawang putih, kamu bisa menjadi kan masakan terasa lebih sedap karena adanya bawang putih di dalamnya. Juga menjadi kan masakan terasa gurih. Kedua bumbu ini memang di gunakan karena aroma yang harus saat di tumis dengan minyak goreng.

Tidak hanya di masak dengan kuliner lainnya, bawang merah dan bawang putih ini juga biasanya menjadi pelengkap hidangan. Caranya dengan di taburi di atas masakan seperti soto, bubur ayam, nasi goreng dan masakan lainnya. Kamu bisa mengolahnya dengan menghaluskan dengan cara di ulek atau di geprek begitu saja.

2. Bawang Bombay

Bawang bombay juga menjadi bumbu yang tak jauh berbeda dengan bawang merah dan bawang putih. Rempah lain yang termasuk dalam bumbu dapur wajib ini memang memberi rasa lezat. Ukuran dari bawang bombay memang lebih besar dan membulat jika di bandi ngkan dengan bawang merah ataupun bawang putih. Harumnya juga tak terlalu tajam tetapi tetaplah memberi rasa sedap. Selain di tumis, kamu bisa menyantap bawang bombay ini secara langsung dalam kondi si segar yang di jadi kan campuran salad.

Jika selama ini kamu menemui menu onion ring, mereka menggoreng bawang bombay dengan balutan tepung. Sama halnya dengan bawang merah dan putih, bawang bombay pun memiliki dua varian yang berbeda dari segi warna. Seperti bawang bombay kuning dan bawang bombay merah.

3. Merica

Merica juga sering di sebut sebagai lada. Bumbu dapur dengan cita rasa pedas dan sedi kit pahit ini tentu memiliki peranannya sendi ri dalam menjadi kan masakan makin lezat. Merica atau lada sering menjadi bagian dari hidangan khas Indonesia seperti misalnya bumbu ayam goreng, sop dan berbagai hidangan lainnya. Bumbu dapur ini juga tersedi a dalam bentuk bubuk yang di gunakan sebagai pelengkap makanan. Lada bubuk ini bisa kamu taburkan ke berbagai masakan seperti mie, soto dan masakan lainnya. Terutama yang ingin menambahkan cita rasa pedas namun bukan berasal dari cabai.

4. Jahe

Tidak hanya terkenal sebagai bahan dasar memasak tetapi jahe juga di ketahui sebagai obat-obatan. Kamu bisa menggunakannya sebagai minuman tradi sional yang memiliki segudang manfaat. Bahkan, jahe juga menjadi rempah-rempah yang masih banyak di gemari tiap orang. Wedang jahe misalnya yang memberi rasa hangat pada tubuh ketika musim di ngin. Jahe juga memiliki cita rasa pedas dan di gunakan untuk kuliner yang bersantan. Kamu bisa mencari resep bagaimana mengolah jahe dengan masakan.

Tak semua masakan bisa di beri rempah jahe. Jika sembarangan tentu cita rasa masakan akan terasa aneh. Maka dari itu sebaiknya benar-benar memperhatikan bagaimana campuran jahe ini akan menambah rasa lezat. Jahe sangat mudah di temukan di pasar tradi sional dengan harga yang murah.

5. Kayu Manis

Tak asing dengan bumbu yang satu ini? Kayu manis memang di ketahui sebagai salah satu bumbu yang serbaguna. Tak hanya untuk masakan tetapi juga untuk minuman tradi sional pun kayu manis di sukai. Kayu manis merupakan kulit kayu yang di dapat dari beberapa jenis spesies pohon bernama Cinnamomum.

Tidak hanya memberi aroma manis tetapi bumbu dapur ini juga memberi rasa segar pada masakan. Selaian pada hidangan masakan, bahan dasar ini juga seringkali menjadi pelengkap untuk bahan membuat minuman dan kue. Kayu manis bisa kamu pilih untuk membuat minuman hangat selagi hujan turun.

6. Bunga Lawang

Tahukah kamu apa itu bunga lawang? Meski termasuk jenis bunga tetapi ternyata bisa kamu manfaatkan untuk memasak, lho! Kamu bisa menciptakan masakan yang lezat dengan bumbu dapur ini. Bunga lawang juga di kenal dengan nama pekak. Bahan dasar yang tidak hanya terkenal sebagai pelengkap bumbu masakan nusantara tetapi juga di berbagai negara lainnya yang ada di Asia.

Tetapi, yang perlu di ingat adalah cita rasa dari bumbu ini adalah pahit. Penggunaannya harus sesuai dengan takaran agar tidak merusak cita rasa asli dari masakan yang kamu buat. Carilah resep dan takaran yang pas agar masakan terasa lebih pas di lidah.

7. Cengkeh (Bumbu Masakan Dengan Aroma Khas)

Bumbu berikutnya yang bikin enak acara makan adalah cengkeh. Rempah asli Indonesia ini sangat populer akan khasiat dan aromanya. Cengkeh membuat masakan terasa lebih sedap dan beraroma harum. Banyak yang menyukai aromanya dan tak sedi kit yang menggunakan ekstrak cengkeh sebagai tambahan dalam membuat parfum. Unik, bukan? Bumbu dapur ini sering di gunakan untuk hidangan yang berkuah dan cukup populer di gunakan pada hidangan Indi a serta wilayah Timur Tengah.

8. Cabai (Bumbu Masakan Yang Paling Sering Dijumpai)

Mayoritas masyarakat Indonesia sangat menyukai cita rasa pedas. Tak heran jika sekarang ini banyak kuliner yang mengunggulkan rasa pedasnya. Agar bisa mendapatkan tingkat pedas yang paling tinggi, kamu bisa menggunakan cabai rawit dan cabai burung. Bisa juga menggunakan cabai keriting yang memberi rasa pedas tetapi tak setajam cabai rawit.

Cabai seolah menjadi bumbu dapur yang wajib harus ada. untuk cara pengolahannya sendi ri memang beragam. Ada yang menggunakan cara di ulek, tetapi ada juga yang memakannya begitu saja untuk di santap bersama gorengan. Cabai juga di olah menjadi sambal terasi, sambal matah dan lain sebagainya.

9. Santan

Santan merupakan bahan masakan yang tak asing lagi bagi banyak orang. Bahan ini juga menjadi bahan yang sering di gunakan di berbagai masakan nusantara dan menjadi kannya sebagai ciri khas kuliner Indonesia. Tetapi sebenarnya, fungsi santan lebih dari itu. Dalam masakan bahan ini bisa berfungsi sebagai pengental kuah, membuat masakan kaya rasa dan menyedapkan masakan. Kamu bisa merasakan bagaimana bedanya jika ada santan dan tidak di dalam olahan makanan tersebut.

Ada banyak bumbu yang berasal dari rempah asli Indonesia. Kamu bisa menggunakannya sesuai dengan apa yang kamu butuhkan dalam mengolah masakan. Apalagi resep kuliner khas Indonesia sangatlah beragam. Tapi ingat ya, bumbu dapur ini juga memiliki efek yang berkaitan dengan penyakit tertentu.

Mau pesan rupa-rupa masakan yang rasanya “Indonesia Banget”? Piranti Catering tempatnya. Piranti catering menyedi akan berbagai macam layanan untuk berbagai acara kesempata. Ada banyak menu prasmanan dan nasi box / nasi kotak, tumpeng komplit, menu catering harian dan banyak lagi yang lainnya. lihat halaman pesan nasi kotak ini untuk pemesanan nasi tumpeng sekarang juga!

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Customer Service Piranti Catering

Chat dengan customer service Kami
Scroll to Top
Telepon Kami