Jenis Sambal Nusantara Yang Wajib Diketahui!

jenis sambal nusantara

Jenis sambal nusantara yang Harus Kamu Tahu ( Blog Pesan Nasi Tumpeng ). Indonesia memiliki kekayaan kuliner yang tak bisa di elak. Bahkan di setiap daerah memiliki makanan khas yang menambah ragamnya masakan nusantara. Sedi kit banyak hal ini karena kita memiliki rempah-rempah yang melimpah ruah. Sehingga rasa dari masakan nusantara ini sangat khas. Apalagi melihat kebanyakan masyarakat Indonesia ternyata menyukai cita rasa pedas dari cabai. Tak heran jika sekarang kamu menemukan berbagai macam masakan dengan tingkat atau level pedas yang terendah sampai tertinggi. Ada banyak jenis sambal nusantara yang harus kamu tahu.

Beberapa di antaranya kamu akan mendengar sambal manado, sambal matah, sambal bawang dan lain sebagainya. Masing-masing sambal ini memiliki cara pembuatan yang sebenarnya tak jauh berbeda. Tetapi cara mengolah dan bahan yang di gunakan tidak sama. Yang menyamakan adalah cabai tetap menjadi bahan dasar untuk pembuatan sambal. Mau tahu apa saja sambal lezat yang bisa kamu coba? Simak ulasan berikut ini!

Jenis Sambal Nusantara yang Top

1. Sambal Bawang (Sambal Khas Nusantara Sedap)

Jenis sambal yang pertama adalah sambal bawang. Jenis sambal ini menjadi salah satu kesayangan dari mereka yang suka rasa pedas. Sambal ini menggunakan bahan campuran yang berupa bawang merah dan bawang putih. Bisa juga menggunakan salah satu bawang sebagai tambahanya. Perpaduan cabai dan bawang ini menciptakan cita rasa yang begitu lezat. Kamu bisa menemukan rasa nikmat dan cocok untuk setiap hidangan. Terutama untuk menu ayam goreng atau ayam bakar.

Berbeda dengan saat ini di mana banyak orang menjual masakan ayam geprek dan sering di sandi ngkan menggunakan sambal bawang. Perpaduan yang enak untuk makan siang. Kamu bisa menambahkan kerupuk sebagai pelengkap menu agar makin lezat.

2. Sambal Teri

Ada banyak jenis sambal yang bisa kamu buat sendi ri di rumah. Seperti sambal teri yang bercita rasa lezat. Ada rasa pedas dan gurih yang tercampur jadi satu berasal dari ikan teri. Tetapi ikan teri yang di gunakan pada jenis sambal ini biasanya merupakan ikan teri medan yang populer karena rasa renyah itu. Kalau di tambah dengan cabai segar yang pedas tentu akan membuat siapa saja menjadi ketagihan.

Sambal teri cocok di hidangkan dengan nasi yang masih hangat dan penyetan tempe. Biasanya sambal teri ini juga di hidangkan dengan lalapan di malam hari. Beberapa orang justru tak bisa makan jenis sambal ini karena mereka tidak suka perpaduan ikan teri. Padahal,, jenis sambal dengan ikan teri ini tentu bisa memiliki cita rasa pedas dan gurih.

3. Sambal Ikan Roa(Sambal Unik Khas Nusantara)

Kali ini datangnya dari sambal Ikan Roa yang di sebut sebagai sambal berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Sambal Ikan Roa ini terbuat dari campuran cabai segar dan juga Ikan Roa asap. Tahukah kamu bahwa Ikan Roa merupakan ikan khas Manado yang ternyata banyak di temukan di Sulawesi Utara dan sekitarnya? Alasannya adalah karena Ikan Roa hanya ada di wilayah tersebut. Tentu hal ini membuat sambal Ikan Roa menjadi sangat spesial.

Sayangnya keberadaan sambal jenis ini memang tak banyak di pasaran. Alasannya seperti yang telah di sebutkan bahwa Ikan Roa hanya ada di Manado. Tak heran jika banyak wisatawan yang pulang dari berlibur membawa oleh-oleh Manado yang khas seperti sambal Ikan Roa. Sambal ini cocok di jadi kan pelengkap cita rasa pedas dan gurih.

4. Sambal Bajak

Tidak asing dengan nama sambal bajak? Biasanya sambal khas nusantara ini paling lezat kalau di nikmati dengan kerupuk yang masih renyah. Sambal ini berasal dari wilayah Jawa Tengah. Sebenarnya sambal bajak di ambil dari sejarah pembuatan sambal. Dulunya, sambal tersebut sering di bawa oleh ibu-ibu petani yang juga membawakan masakan untuk para petani yang waktu itu sedang membajak sawah. Dari cerita inilah muncul nama sambal bajak dengan cita rasa yang tak terlalu pedas tetapi tetap lezat.

5. Sambal Matah (Sambal Khas Nusantara Asal Bali)

Dalam bahasa Indonesia, matah bisa berarti mentah. Artinya, sambal matah ini memiliki kadar kepedasan yang tak begitu tinggi. Sambal ini berasal dari Bali. Sambal matah seringkali di sajikan dengan mengiris bahan-bahan segar. Misalnya saja seperti bawang merah, serai, daun jeruk dan cabai. Kamu bisa menambahkan minyak kelapa dan jeruk nipis. Dengan perpaduan rasa pedas dan aroma khas rempah-rempah ini tentu sangat cocok di jadi kan menu makan malam atau siang. Tetapi jangan lupa untuk tidak berlebihan, ya!

6. Sambal Mangga

Mendengar nama Sambal Mangga tentu sudah terbayang rasa asam dan pedasnya, bukan? Jenis sambal yang satu ini terbilang unik dan beda dari yang lain. Sambal mangga terbuat dari bahan dasar cabai segar dan tambahan irisan buah mangga muda yang segar. Karena di campur dengan buah ini, tentu rasanya seolah pedas manis dan asam sekaligus. Kamu bisa membuat sambal mangga sendi ri di rumah jika memang ada buah mangga dan cabai segar yang bisa di olah saat itu juga.

7. Balado Sambal

Sambal ini merupakan teknik memasak yang khas minangkabau. Sambal yang mencampurkan caba giling dan banyak rempah yang di masak dengan masakan lain. Seperti misalnya terong, dendeng, ikan teri dan lain sebagainya. Karena kelezatan yang di tawarkan inilah kamu bisa menjadi kan sambal ini sebagai bahan campuran saat kamu makan dengan aneka lauk kesukaan. Cocok jika di sajikan menggunakan nasi putih yang masih hangat.

8. Sambal Cumi

Sesuai dengan namanya, sambal ini erbuat dari cabai dan ada campuran berupa ikan cumi. Sambal ini tentu memiliki rasa pedas dan juga nikmat untuk di nikmati karena kamu yang suka dengan cumi maka tentu akan doyan menggunakan sambal ini. Sambal cumi ini mengandung protein dan juga vitammin tinggi yang asalnya dari campuran cumi.

9. Sambal Lampung

Kali ini jenis sambal nusantara berikutnya adalah sambal lampung. Sesuai dengan namanya, sambal ini memang berasal dari provinsi Lampung, Sumatera Selatan. Sambal ini sering di jadi kan sebagai oleh-oleh khas Lampung yang mana umumnya memiliki rasa sangat pedas. Bahan pembuatan dari sambal ini juga cukup sederhana. Ada rasa pedas yang dominan yang cocok untuk di nikmati bersama lauk pauk selagi hangat.

10. Sambal Hitam Belimbing Wuluh

Sambal yang berwarna hitam ini terbuat dari belimbing wuluh yang merupakan bahan utamanya. Kau bisa menambahkan ikan teri dan juga kecap manis. Jika sudah tercampur menjadi satu, rasa sambal akan nikmat dan di lengkapi dengan nasi yang masih hangat. Ada rasa asam yang segar dari belimbing wuluh tetapi ada juga rasa gurih dari ikan teri dan sedi kit manis dari kecapnya. Bagi pecinta rasa pedas, sambal hitam belimbing wuluh ini sangatlah cocok.

Indonesia terkenal akan kekayaan kulinernya, bukan? Kamu bisa mencoba berbagai jenis sambal nusantara yang di sandi ngkan dengan lauk pauk lezat lainnya. Karena kebanyakan memang suka dengan cita rasa pedas, aneka jenis sambal ini seolah menjadi ciri khas dari kuliner Indonesia.

Mau pesan rupa-rupa masakan yang rasanya “Indonesia Banget”? Piranti Catering tempatnya. Piranti catering menyedi akan berbagai macam layanan untuk berbagai acara kesempata. Ada banyak menu prasmanan dan nasi box / nasi kotak, tumpeng komplit, menu catering harian dan banyak lagi yang lainnya. lihat halaman pesan nasi kotak ini untuk pemesanan nasi tumpeng sekarang juga!

Customer Service Piranti Catering

Chat dengan customer service Kami
Scroll to Top
Telepon Kami