Cara Memasak Sayuran Agar Gizinya Tidak Hilang

cara memasak sayuran

Cara Memasak Sayuran ( Blog Pesan Nasi Tumpeng )

Salah satunya langkah untuk nikmati sayuran dengan memasaknya terlebih dulu. Ya, memasak membuat sayuran jadi lebih enak untuk di nikmati. Meskipun, mungkin beberapa sayuran lebih enak di santap mentah-mentah atau jadi lalapan. Pemasakan sayuran memang memberikan faedah, tapi di balik itu dapat bikin rugi.

Di sebutkan bikin rugi sebab panas yang di buat waktu memasak sayuran bisa hilangkan nutrisi yang terdapat dalam sayuran, khususnya vitamin serta mineralnya. Beberapa vitamin memang di ketahui tidak tahan pada panas, seperti vitamin C serta vitamin B. Ke-2 vitamin ini terhitung ke vitamin larut air yang dapat larut bersama dengan air pada proses pemasakan.

Bagaimanakah cara memasak sayuran supaya nutrisinya tidak hilang? Ada beberapa langkah dalam memasak sayuran, dari mulai perebusan, pengukusan, sampai menumis sayuran dengan di kit minyak. Semasing cara memasak ini pasti mempunyai dampak yang berlainan pada sayuran.

Beberapa panduan memasak supaya nutrisi dalam sayuran tidak hilang, yakni:

1. Bersihkan sayuran dengan air mengalir, jangan di rendam

Sebelum memasak sayuran, Anda butuh mencucinya terlebih dulu. Membersihkan sayuran bermanfaat untuk hilangkan bakteri, kuman, atau pestisida yang melekat pada sayuran.

Bersihkan sayuran pada air mengalir serta jangan sampai berusaha untuk merendamnya. Merendam sayuran cuma akan membuat kandungan nutrisinya hilang, seperti vitamin C. Perlu untuk di ketahui jika vitamin C benar-benar rawan pada panas, air, serta udara.

2. Potong sayuran berbentuk besar-besar

Untuk sayuran yang banyak terkandung vitamin larut air, seperti vitamin C, potonglah sayuran berbentuk besar atau Anda dapat juga memasaknya berbentuk yang utuh. Ini berperan supaya sedi kit kandungan nutrisi yang hilang sepanjang proses pemasakan. Makin kecil potongan sayuran, makin banyak nutrisi yang bisa hilang waktu proses pemasakan.

Bila Anda ingin memperoleh potongan sayuran yang lebih kecil, Anda bisa memotongnya sesudah usai di buat. Jadi contoh, Anda bisa merebus kentang utuh dengan kulitnya, kulit kentang memiliki kandungan nutrisi yang banyak hingga sayang untuk di buang. Selanjutnya, sesudah usai di rebus, Anda bisa memangkas kentang jadi sisi yang lebih kecil supaya gampang untuk di konsumsi.

3. Menjaga waktu, suhu, serta air waktu memasak

Saat memasak, semestinya Anda lihat waktu, suhu, dan jumlahnya air minimal yang di pakai untuk memasak. Waktu masak yang kelamaan, suhu yang begitu tinggi, serta jumlahnya cairan yang kebanyakan bisa membuat makin banyak nutrisi yang hilang pada sayuran.

Makin berkurang air yang di gunakan untuk memasak, makin banyak nutrisi yang bisa di pertahankan, khususnya untuk sayuran yang memiliki kandungan vitamin larut air.

Oleh karenanya, di anjurkan untuk memasak sayuran, khususnya yang memiliki kandungan vitamin larut air (seperti vitamin C serta vitamin B)- dengan di kukus, langkah berikut dapat di buktikan terbaik. Beberapa riset tunjukkan jika brokoli yang di buat dengan di kukus bisa menjaga kandungan vitamin C-nya sampai 80%, di bandi ng di buat dengan cara lain.

4. Pilih cara memasak yang sesuai

Dengan memakai cara memasak yang pas, Anda bisa kurangi jumlahnya nutrisi yang hilang sebab proses pemasakan. Hingga, Anda masih memperoleh nutrisi maksimal dalam sayuran yang Anda makan.

a. Mengukus sayuran

Telah di sebut di atas jika cara memasak dengan di kukus ialah cara memasak yang terbaik untuk sayuran, khususnya untuk sayuran yang memiliki kandungan vitamin larut air. Sayuran yang semestinya di kukus ialah brokoli, wortel, kembang kol, kacang hijau, bayam, serta sayuran berdaun hijau yang lain.

Mengukus dapat di buktikan bisa menjaga kandungan nutrisi dari sayuran semakin banyak di bandi ng cara memasak yang lain. Anda dapat memakai panci spesial mengukus atau microwave untuk mengukus sayuran.

b. Memanggang sayuran

Anda dapat memanggang sayuran dalam oven atau di atas kompor. Sayuran di kasih minyak terlebih dulu sebelum di panggang. Pangganglah sayuran sampai beralih warna serta teksturnya jadi renyah. Memangkas sayuran lebih kecil bisa menyingkat waktu pemanggangan sampai sayuran beralih warna. Sayuran yang dapat di buat dengan cara ini ialah asparagus, labu, buncis, kacang panjang, wortel, atau bawang bombay.

c. Menumis sayuran

Menumis di kerjakan dengan di kit minyak. Masakan Anda bisa menjadi lebih sehat jika Anda memakai minyak zaitun atau minyak kanola untuk memasaknya. Menumis bisa menjaga mineral dan vitamin, rasa serta warna sayuran. Menumis benar-benar pas untuk memasak sayuran, seperti asparagus, baby artichoke, kacang kapri, paprika, bawang, serta jamur.

d. Merebus sayuran

Ini mungkin cara yang seringkali Anda gunakan dalam memasak sayuran. Cara ini termasuk cepat dan mudah di kerjakan. Bila Anda ingin menjaga rasa serta kerenyahan sayuran, Anda dapat menanti air sampai mendi di h baru masukan sayuran ke dalamnya. Anda dapat memakai cara ini untuk merebus kacang, kentang, bit, serta sayuran akar yang lain yang memerlukan waktu lebih lama untuk masak.

Anda dapat juga memakai cara blanching, yakni merebus sayuran dalam sekejap pada suhu air yang lebih rendah, sebelum air mendi di h. Supaya Anda tidak kehilangan mineral dan vitamin yang larut di air sepanjang proses perebusan, Anda bisa konsumsi air rebusannya itu, sama dengan sup.

Mau pesan rupa-rupa masakan yang rasanya “Indonesia Banget”? Piranti Catering tempatnya. Piranti catering menyedi akan berbagai macam layanan untuk berbagai acara kesempata. Ada banyak menu prasmanan dan nasi box / nasi kotak, tumpeng komplit, menu catering harian dan banyak lagi yang lainnya. lihat halaman pesan nasi kotak ini untuk pemesanan nasi tumpeng sekarang juga!

Customer Service Piranti Catering

Chat dengan customer service Kami
Scroll to Top
Telepon Kami